Tanda Dan Gejala Penyakit Tiroid

Tanda Dan Gejala Penyakit Tiroid – Anda berada di website yang tepat jika saat ini sedang mencari informasi tanda dan gejala penyakit tiroid.

Penyakit tiroid merupakan kondisi dimana terjadi masalah atau gangguan yang terjadi pada kelenjar tirod berbentuk kupu-kupu yang terletak di sekitar leher tepatnya dibawah jakun sehingga tidak mampu berfungsi dengan normal.

Tanda Dan Gejala Penyakit Tiroid

Kelenjar tiroid merupkan penghasil dan penyimpan hormon dan memiliki peranan penting dalam mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, kelenjar tiroid juga berfungi sebagai pengatur detak jantung, tekanan darah, suhu badan hingga proses mengubah makanan menjadi energi.

Mengingat pentingnga fungsi tiroid, sudah sepatutnya kita harus waspada apabila terjadi tanda dan gejala mencurigakan yang mengindikasikan adanya gangguan pada kelenjar tiroid. ( Baca : Cara Mengobati Kelenjar Tiroid Bengkak )

Jenis penyakit tiroid

Nah, sebelum kami informasikan mengenai tanda dan gejala penyakit alangkah baiknya ketahui dahulu beberapa penyakit atau gangguan yang umum terjadi pada kelenjar tiroid, diantaranya adalah :

  1. Hipotiroidisme ( kekurangan hormon tiroid )
  2. Hipertiroidisme ( kelebihan hormon tiroid )
  3. Gondok ( kelenjar tiroid bengkak )
  4. Nodul tiroid ( kista tiroid )

Sebagian besar penyakit tiroid tidak membahayakan penderitanya dan dapat dikendalikan melalui pengobatan kelenjar tiroid yang tepat. Tetapi jika dibiarkan, terdapat risiko untuk berkembang menjadi kanker tiroid yang dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui tanda dan gejala penyakit tiroid agar dapat dilakukannya penangnan sejak dini. ( Baca : Jenis Penyakit Tiroid )

9 Tanda Dan Gejala Penyakit Tiroid Yang Perlu Diketahui

Salah satu yang ditakutkan adalah penyakit kelenjar tiroid berubah menjadi penyakit ganas dan tentu sulit untuk disembuhkan.

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa pentingnya mengenali tanda dan gejala penyakit tiroid sejak dini. Karena pada umumnya, mengatasi gejala dan mengobati penyakit akut lebih mudah dari pada penyakit kronis atau sudah ganas ( kanker tiroid ).

Berikut adalah tanda dan gejala penyakit tiroid yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  1. Pembengkakan atau timbulnya benjolan dileher
    Pembengkakan dileher juga lebih dikenal sebagai penyakit gondok. Pembengkakan atau benjolan tersebut biasanya disertai rasa sakit.
  2. Penurunan berat badan secara drastis atau sebaliknya
    Salah satu ciri ciri penyakit tiroid aadalah mengalami penrunan atau peningkatan berat badan secara drastis merupakan salah satu gejala penyakit tiroid. Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon lebih rendah maka mengakibatkan penurunan berat badan dan apabila kelenjar tiroid menghasilkan hormon berlebihan makan terjadi peningkatan berat badan.
  3. Perubahan mood
    Seseorang yang mengalami gangguan tiroid biasanya memiliki emosi yang tidak stabil, mengalami gangguan tidur, dan sering merasa gelisah. Namun gejala ini bukanlah gejala khas, namun tetap harus diwaspadai.
  4. Rambut rontok
    Kelenjar tiroid yang berfungsi tidak normal juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut bahkan mengalami kebotakan.
  5. Sering kedinginan atau kepanasa
    Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon lebih rendah maka penderita akan mengalami kedinginan meskipun suhu disekitarnya normal dan sebaliknya penderita akan merasakan kepanasan jika kelenjar menghasilkan hormon yang berlebih.
  6. Sering merasa lelah
    Seseorang yang mengalami gangguan tiroid biasanya akanmerasakan sering lelah dan cenderung sering tidur pada siang hari.
  7. Menstruasi tidak teratur
    Gejala yang satu ini ditunjukan khusus untuk wanita. Bagi seorang wanita yang mengalami gangguan tiroid biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang tidaj teratur dan merasa sakit apabila mengalani gangguan tiroid jenis hipotoroid.
  8. Nyeri otot dan tulang
    Kelenjar tiroid yang mengalami masalah tentu menghasilkan hormon yang tidak stabil dan ketika hormon tidak setabil biasanya dapat menyebabkan rasa nyeri otot dan tulang meskipun tidak melakukan aktivitas berat.
  9. Gangguan pencernaan
    Tanda dan gejala penyakit tiroid terakhir adalah gangguan pencernaan. Gejala yang satu ini memang sulit terditeksi karena banyak kondisi medis yang menyebabkan gangguan pencernaan. Namun biasanya orang yang mengalami gangguan tiroid akan mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit ( susah BAB ) atau diare yang berkepanjangan.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala penyakit tiroid seperti diatas, maka segera lakukan pemeriksaan ke badan keshetan terdekat untuk mendapatkan pemcegahan dan penanganan yang tepat.

Baca : Makanan Sehat Untuk Penderita Kelenjar Tiroid

Demikian informasi yang dapat kami sampaikanmengenai tanda dan gejala penyakit tiroid, semoga bermanfaat.

One thought to “Tanda Dan Gejala Penyakit Tiroid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *